INSTRUMEN
PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
Nama Guru :
Kelas :
Hari/tanggal :
Tema :
Sub Tema :
Pembelajaran
:
Petunjuk penggunaan:
Beirilah
tanda (V) pada aspek-aspek penilaian aktivitas guru dalam pembelajaran baik
pada kolom terlihat atau belum terlihat sesuai dengan kondisi saat observasi.
No.
|
Aspek
Penilian
|
||
A.
|
Persiapan
|
Terlihat
|
Belum
terlihat
|
1.
|
Guru
mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan seksama
|
|
|
2.
|
Tujuan
pembelajarannya dinyatakan dalam kalimat yang jelas dalam RPP
|
|
|
3.
|
Materi
pembelajaran yang akan diberikan memiliki kaitan atau dapat dikaitkan dengan
materi pembelajaran sebelumnya
|
|
|
4.
|
Guru
mempersiapkan media pembelajaran
|
|
|
5.
|
Guru
mempersiapkan seting kelas untuk pembelajaran
|
|
|
6.
|
Guru
mempersiapkan siswa secara fisik dan mental
|
|
|
B.
|
Presentasi/Penyampaian
Pembelajaran
|
-
|
|
8.
|
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
|
|
|
9.
|
Guru
memotivasi siswa, menarik perhatian agar mengikuti proses pembelajaran dengan
baik
|
|
|
10.
|
Guru
menjelaskan materi pembelajaran dengan teknik-teknik tertentu sehingga jelas
dan mudah dipahami siswa
|
|
|
11.
|
Pembelajaran
sudah menggunakan pendekatan scientific (mengamati, menanya, menalar,
mencoba, mengkomunikasikan)
|
|
|
12.
|
Petunjuk-petunjuk
pembelajaran singkat dan jelas sehingga mudah dipahami
|
|
|
13.
|
Materi
pembelajaran baik kedalaman dan keluasannya disesuaikan dengan tingkat
perkembangan dan kemampuan siswa
|
|
|
14.
|
Selama
proses pembelajaran guru memberikan kesempatan untuk bertanya kepada siswa
|
|
|
15.
|
Apabila
siswa bertanya, maka guru memberikan jawaban dengan jelas dan memuaskan
|
|
|
16.
|
Guru
selalu mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran pada akhir kegiatan
atau akhir sesi tertentu
|
|
|
C.
|
Metode Pembelajaran/Pelaksanaan
Pembelajaran
|
-
|
|
17.
|
Pembelajaran
dilakukan secara bervariasi selama alokasi waktu yang tersedia, tidak monoton
dan membosankan
|
|
|
18.
|
Apabila
terjadi suatu permasalahan maka guru dapat bertindak dengan mengambil
keputusan terbaik agar pembelajaran tetap berlangsung secara efektif dan
efisien
|
|
|
19.
|
Materi
pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
|
|
|
20.
|
selama
pembelajaran berlangsung guru tidak hanya berada pada posisi tertentu tetapi
bergerak secara dinamis di dalam kelasnya
|
|
|
21.
|
Apabila
tampak ada siswa yang membutuhkan bantuannya di bagian-bagian tertentu kelas,
maka guru harus bergerak dan menghampiri secara berimbang dan tidak terfokus
hanya pada beberapa gelintir siswa saja
|
|
|
22.
|
Guru untuk
mengenali dan mengetahui nama setiap siswa yang ada di dalam kelasnya
|
|
|
23.
|
Selama
pembelajaran berlangsung guru memberikan reinforcement (penguatan) kepada
siswa-siswanya dengan cara yang positif
|
|
|
24.
|
Ilustrasi
dan contoh dipilih secara hati-hati sehingga benar-benar efektif dan bukannya
malah membuat bingung siswa
|
|
|
25.
|
Media
pembelajaran di dalam pelaksanaan pembelajaran digunakan secara efektif
|
|
|
26.
|
Latihan
diberikan secara efektif
|
|
|
27.
|
Guru
selalu bersikap terbuka dan tidak menganggap negatif apabila siswa melakukan
kesalahanan dalam proses belajarnya
|
|
|
D..
|
Karakteristik
Pribadi Guru
|
-
|
|
29.
|
Guru sabar
terutama untuk memancing respon siswa
|
|
|
30.
|
Guru
berupaya memancing siswa agar terlibat aktif dalam pembelajaran
|
|
|
31.
|
Guru
bersikap tegas dan jelas
|
|
|
32.
|
Penampilan
guru menarik dan tidak membosankan
|
|
|
33.
|
Guru
menggunakan bahasa yang baik
|
|
|
34.
|
Guru
selalu menunjukkan bahwa ia adalah seorang yang selalu punya inisiatif, kreatif,
dan berprakarsa
|
|
Catatan Observer:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar