water blaster

water blaster

Senin, 03 November 2014

INSTRUMEN OBSERVASI


INSTRUMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

Nama Guru   :
Kelas               :
Hari/tanggal   :
Tema              :
Sub Tema       :
Pembelajaran :
Petunjuk penggunaan:
Beirilah tanda (V) pada aspek-aspek penilaian aktivitas guru dalam pembelajaran baik pada kolom terlihat atau belum terlihat sesuai dengan kondisi saat observasi.

No.
Aspek Penilian
A.
Persiapan
Terlihat
Belum terlihat
1.
Guru mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan seksama

2.
Tujuan pembelajarannya dinyatakan dalam kalimat yang jelas dalam RPP

3.
Materi pembelajaran yang akan diberikan memiliki kaitan atau dapat dikaitkan dengan materi pembelajaran sebelumnya

4.
Guru mempersiapkan media pembelajaran

5.
Guru mempersiapkan seting kelas untuk pembelajaran

6.
Guru mempersiapkan siswa secara fisik dan mental

B.
Presentasi/Penyampaian Pembelajaran
-

8.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai

9.
Guru memotivasi siswa, menarik perhatian agar mengikuti proses pembelajaran dengan baik


10.
Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan teknik-teknik tertentu sehingga jelas dan mudah dipahami siswa

11.
Pembelajaran sudah menggunakan pendekatan scientific (mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengkomunikasikan)

12.
Petunjuk-petunjuk pembelajaran singkat dan jelas sehingga mudah dipahami

13.
Materi pembelajaran baik kedalaman dan keluasannya disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan siswa

14.
Selama proses pembelajaran guru memberikan kesempatan untuk bertanya kepada siswa

15.
Apabila siswa bertanya, maka guru memberikan jawaban dengan jelas dan memuaskan

16.
Guru selalu mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran pada akhir kegiatan atau akhir sesi tertentu

C.
Metode Pembelajaran/Pelaksanaan Pembelajaran
-

17.
Pembelajaran dilakukan secara bervariasi selama alokasi waktu yang tersedia, tidak monoton dan membosankan

18.
Apabila terjadi suatu permasalahan maka guru dapat bertindak dengan mengambil keputusan terbaik agar pembelajaran tetap berlangsung secara efektif dan efisien

19.
Materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan

20.
selama pembelajaran berlangsung guru tidak hanya berada pada posisi tertentu tetapi bergerak secara dinamis di dalam kelasnya

21.
Apabila tampak ada siswa yang membutuhkan bantuannya di bagian-bagian tertentu kelas, maka guru harus bergerak dan menghampiri secara berimbang dan tidak terfokus hanya pada beberapa gelintir siswa saja

22.
Guru untuk mengenali dan mengetahui nama setiap siswa yang ada di dalam kelasnya

23.
Selama pembelajaran berlangsung guru memberikan reinforcement (penguatan) kepada siswa-siswanya dengan cara yang positif

24.
Ilustrasi dan contoh dipilih secara hati-hati sehingga benar-benar efektif dan bukannya malah membuat bingung siswa

25.
Media pembelajaran di dalam pelaksanaan pembelajaran digunakan secara efektif

26.
Latihan diberikan secara efektif

27.
Guru selalu bersikap terbuka dan tidak menganggap negatif apabila siswa melakukan kesalahanan dalam proses belajarnya

D..
Karakteristik Pribadi Guru
-

29.
Guru sabar terutama untuk memancing respon siswa

30.
Guru berupaya memancing siswa agar terlibat aktif dalam pembelajaran

31.
Guru bersikap tegas dan jelas

32.
Penampilan guru menarik dan tidak membosankan

33.
Guru menggunakan bahasa yang baik

34.
Guru selalu menunjukkan bahwa ia adalah seorang yang selalu punya inisiatif, kreatif, dan berprakarsa


Catatan Observer:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................






Tidak ada komentar:

Posting Komentar